Monday, 25 June 2012

Dokumen Impor

Dalam melakukan impor barang, dokumen impor apa sajakah yang dibutuhkan? Temukan jawaban dari pertanyaan tersebut dalam artikel yang satu ini.

Dokumen Impor

dokumen impor
Impor barang: dokumen impor apa saja yang dibutuhkan?




Secara umum, dokumen impor yang wajib untuk dimiliki adalah:


Bill of Lading (B/L)

Kontrak transportasi antara pengirim dan pemilik barang. Bisa berbentuk "negotiable" (bisa diperdagangkan) atau "non negotiable" (tidak bisa diperdagangkan)

Invoice

Dokumen dengan keterangan tentang nama eksportir, terms of payment, harga per unit, total harga keseluruhan, jumlah dan berat barang

Certificate of origin

Sertifikat yang dibuat oleh badan yang berwenang di negara asal barang, memperlihatkan di mana barang tersebut dibuat, tujuan ekspor dan nilai value added yang terkandung dalam barang tersebut. Dokumen ini penting sebagai dasar perhitungan biaya impor

Packing List

Berisi keterangan tentang gross dan nett weight, nomor invoice dan nama importir. Harus lengkap dengan keterangan tentang jumlah pallet, box, isi dalam box, tipe barang, kualitas dan spesifikasinya.

Health Certificate

Sertifikat yang menerangkan sifat suatu barang impor; apakah berbahaya atau tidak bagi manusia dan/atau binatang.

Tergantung pada jenis dan jumlah barang yang diimpor, mungkin saja ada beberapa dokumen impor lainnya yang dibutuhkan.

Bila anda membutuhkan jasa pengurusan dokumen-dokumen tersebut di atas untuk memasukkan barang ke Jakarta dan Batam, silakan hubungi kami di 08 7777 88 00 99. 

No comments:

Post a Comment